HUT RI Ke-63 ajang mengais rejeki (sebuah refleksi)


Peringatan HUT RI Ke-63 TH berjalan dengan aman dan damai, antusiasme rakyat indonesia begitu besar terhadap bangsa ini… dengan rasa nasionalisme yang tinggi itulah tercipta suasana democratis yang kondusif, sehingga kemeriahan HUT RI ke-63 ini pun di jadikan ajang mengais rejeki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, tapi yang tidak kalah menariknya anak-anak jalananpun sibuk mengais rejeki dengan cara membersihkan jalan-jalan raya yang dipenuhi dengan tumpukan botol minuman, dan plastik-plastik yang berhamburan di hampir sepanjang jalan…. ternyata apa yang mereka lakukan adalah sekedar hanya untuk menjual barang-barang bekas tersebut dan ini rejeki besar bagi mereka, akankah mereka mendapatkan imbalan yang sepantasnya terhadap apa yang mereka lakukan????
Dilihat dari perspektif yang konyol bahwa apa yang mereka lakukan itu hanyalah hal yang wajar-wajar saja, akan tetapi dari nilai-nilai perjuangan mereka patut dan harus dihargai…. karena secara tidak langsung mereka telah memperjuangkan dua hidup yang tidak mereka mengerti, pertama hidup untuk kehidupan mereka sendiri sementara yang kedua hidup untuk negara ini yang telah dikotori oleh tindakan orang-orang yang tidak bertanggug jawab yang hanya bisa bersenang-senang tetapi tidak mampu menjadikan negeri ini sebagai negeri yang benar-benar besih……….
negeriku negeri penuh kebohongan…. revolusi atau mati………
Jelaslah sudah, perjalanan sejarah atau proyeksi masa depan kita dengan kondisi yang ada sekarang terlihat selalu menjerumuskan kita pada sebuah pemiskinan dialektika alias penjajahan. Yang berubah hanyalah subyek penjajahnya.

…orang yang berani melihat fakta realis,
pasti memiliki pandangan pesimistis…
– Soe Hok Gie –

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: