Hanya 4 Parpol Penuhi Kuota


Kamis, 21-Agustus-2008, 06:50:08

MANNA, BE – Dari 38 Parpol peserta Pemilu 2009 yang memasukan daftar usulan bakal calon legislatif (Baleg) ke KPU BS, hanya 4 Parpol yang memenuhi kuota 3 DP yang ada di Kabupaten BS, yaitu PDIP, PPP, PKS, dan PAN. Bahkan PDIP dan PPP melebihi kuota yang ada.
Semestinya hanya 29 Baleg yakni DP1 8 Baleg, DP2 8 Baleg dan DP3 13 Baleg. Sementara PDIP malah mengusulkan 33 Baleg dan PPP 32 Baleg. Baleg yang diusulkan Parpol rata-rata muka lama, antara lain Susman Hadi dari Golkar, Joniman dari PKS, Nupirmin dari PDK, Sri Purwati dari PDIP. Bahkan yang menarik Baleg yang diusulkan PPP yakni Gunadi Yunir yang juga Calon Wabup BS. Gunadi diusulkan dalam pencalegan pada nomor urut 1 di DP 1.

Ketua KPU BS Zainan Sagiman SH menyatakan, tidak masalah ada Parpol yang mengusulkan Baleg melebih 2 persen dari jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD BS yaitu 25 kursi.

Nanti akan kita verifikasi, yang mana Baleg yang syaratnya lengkap untuk ditingkatkan menjadi Caleg. Begitu juga terkait ada calon kepala daerah yang juga mencalon, sejauh ini tidak ada aturan yang melarangnya, terang Zainan.

Selain Gunadi Yunir, Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu, Dirwan Mahmud SH yang juga calon Bupati BS juga ikut mencalon untuk DPRD Provinsi Bengkulu dengan nomor urut 1 di DP Seluma.

Kepengurusan Ganda
Sementara itu, saat memasukan berkas ke KPU ada 1 partai yang mempunyai 2 kepengurusan yaitu PNI Marhaen versi Nurdin Siana dan versi Ganjuh. Menurut Zainan, karena semuanya sama-sama memiliki SK dan cap yang sama, maka KPU akan melakukan verifikasi ke induk Parpol, yang mana pengurus yang sah.

Lain halnya dengan Partai Pembaruan Indonesia Baru yang diketuai Herman Lufti. Zainan menyatakan, KPU menyatakan menolak pendaftaran yang diajukan oleh Herman Lufti karena Partai Pembaruan Indonesia Baru sudah berganti nama Partai Perjuangan Indonesia Baru yang diketuai Firman.

Sedangkan, 4 Parpol yang baru dinyatakan oleh MK bisa ikut Pemilu 2009 yaitu PBSD, Partai Merdeka, PPNUI, dan PSSI juga sudah diterima oleh KPU BS. Namun, tidak ada perlakukan khusus bagi 4 Parpol ini.(911)

Sumber:— Surat Kabar Harian Bengkulu Ekspress: http://www.bengkuluekspress.com/ver2/mod.php?mod=publisher&op=viewcat&cid=19

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: