Install Driver Secara Manual di Device Manager Windows


Pada artikel terdahulu, kami pernah membahas bagaimana cara backup driver menggunakan Driver Max. Tetapi pada artikel tersebut kami belum memberikan tutorial bagaimana cara menginstall driver hasil backup ke komputer lain dengan merek dan device yang sama (Anda juga bisa memanfaatkannya sesudah anda menginstall ulang windows pada komputer yang sama).

Jika anda masih awam dan bingung bagaimana cara menginstall driver hasil backup Driver Max ini, ikuti petunjunk di bawah ini: (Pada contoh di bawah ini kita asumsikan driver berada di drive D:\Driver\Backup-Driver).

  • Masuk ke Device Manager dengan cara klik tombol Start, cari My Computer, klik kanan dan pilih Properties. Lanjutkan dengan klik tab Hardware dan klik Device Manager.
    Install Driver Secara Manual di Device Manager Windows Image
  • Setelah itu, cari device yang belum terinstall di komputer. Klik kanan device tersebut kemudian pilih Update Driver.
    Install Driver Secara Manual di Device Manager Windows Image
  • Pada point di bawahnya, anda bisa memilih apa saja karena ini tidak terlalu penting. Lanjutkan dengan klik tombol Next.
  • Langkah yang paling penting, pilih Install from a list or specific location (Advanced). Lanjutkan dengan klik tombol Next.
    Install Driver Secara Manual di Device Manager Windows Image
  • Jangan beri tanda pada bagian Search removable media (floppy, CDROM) dan beri tanda pada bagian Includes this location in the search. Klik tombol Browse dan arahkan folder ke D:\Driver\Backup-DriverNama-Device (Asumsi penyimpanan sebelumnya).
  • Klik tombol Next sampai system bisa mengenali driver dari device yang anda masukkan dan tunggu samapi proses selesai.
  • Kalau semua sudah selesai, klik tombol OK. Jika komputer anda meminta merestart komputer, ikuti saja hal tersebut.

Sekarang anda sudah bisa menginstall driver tanpa harus menggunakan utilitas file executable dari driver asli. Selain itu “sifat manja” yang biasanya hanya tinggal sekali klik untuk menginstall driver sudah bisa ditinggalkan dan digantikan dengan yang lebih “expert”.

Install Driver Secara Manual di Device Manager Windows Image

Lalu, bagaimana cara menggunakan trik yang sama pada Windows 7? Hampir sama seperti pada Windows XP, cari bagian My Computer, pilih Properties. Lanjutkan dengan memilih Device Manager. Untuk langkah selanjutnya, bisa ikuti petunjuk di atas karena hampir tidak ada perbedaan diantara keduanya.

FAQ

Q) Saya sudah mengikuti langkah di atas, tetapi kenapa driver saya masih melihat kalau driver belum sukses terinstall?
A) Kemungkinan besar driver yang anda masukkan beum benar (Mungkin memang bukan driver dari device tersebut, mungkin karena bukan utuk OS yang sedang anda pakai atau mungkin belum terupdate). Solusinya, coba pergi ke website resmi dan download driver dengan versi yang paling baru.

Q) Saya melihat driver sudah terinstall dengan baik, tetapi kenapa device saya belum berfungsi dengan baik?
A) Kalau seperti itu, coba konsultasikan dengan orang yang lebih ahli untuk mendapat penanganan lebih lanjut (Butuh tingkatan yang lebih expert dan harus berinteraksi langsung dengan komputer atau notebook yang sedang anda pakai).

^_^

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: